Sejarah Korporatisasi Vale dari Brazil

 SAPA#1025: Brazil sukses mengorbitkan BUMN- nya menjadi penguasa pasar dunia. Bagaimana caranya? Mari pelajari dari Vale, si “Aneka Tambang” -nya Brazil.

SAPA#1026: Negara sedang diserang secara militer bertubi-tubi. Tapi presiden tetap mendirikan BUMN. Itulah Brazil. Negara dengan BUMN terkorporatisasi menguasai pasar dunia.

SAPA#1027: BUMN yang mendunia adalah cermin visi dan kerja keras jangka panjang pemerintah bersama team manajemen perusahaan. Seperti Vale Brazil yang beroperasi di lebih dari 30 negara. Termasuk di Indonesia. Bukan BUMN jago kandang. Kapan BUMN RI beroperasi di Brazil dan lebih dari 30 negara lainnya? 

SAPA#1028: Memandang sejarah dari kaca mata manajemen sebuah perusahaan? Ya. Mari belajar dari Vale SA, BUMN Brazil.

SAPA#1029: Perusahaan akan selalu menghadapi risiko politik. Bagaimana mengamankannya? Vale mengamankannya dengan sebaran pasar banyak negara.

SAPA#1030: Vale di awal sejarahnya adalah raja ekspor ke berbagai negara. Kini adalah penambang di berbagai negara. 

SAPA#1031: Fluktuasi harga bagi perusahaan komoditas adalah realitas yang tidak bisa dihindari. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan fluktuasi seekstrim apapun. Vale si BUMN Brazil telah membuktikan kemampuannya.

SAPA#1032: Dari ekspor, buka kantor pemasaran luar negeri, dilanjutkan dengan memiliki anak perusahaan pertambangan di luar negeri. Tentu butuh modal besar yang dipenuhi melaui proses korporatisasi. Itulah Vale. Vale bisa menjadi model pengembangan BUMN.

SAPA#1033: Perusahaan yang pimpinan tertingginya sering digonta-ganti dari pihak eksternal dengan masa jabatan seumur jagung tidak akan bisa mengakumulasikan keahlian pimpinan. Perusahaan seperti itu juga akan sulit menarik kandidat SDM terbaik karena jalur karirnya tidak jelas. Sebagai BUMN, Vale bisa menghindari hal itu dan menjadi perusahaan tambang multinasional. Sarapan Pagi persembahan SNF Consulting https://t.me/sarapanpagi

Sumber : SarapanPagi dari Konsultan Manajemen PT SNF Consulting